Metaverse inisiasi lokal Jagat.io belum terlalu lama diluncurkan. Namun beberapa capaian berhasil ditorehkan oleh Jagat.io selama tahun 2022. Seperti misalnya dikunjungi ribuan user setiap harin setelah rilis pada Oktober 2022 lalu.

Pada bulan pertama, Jagat.io merekam ribuan user yang menelusuri Jagat.io setiap harinya. Banyak diantaranya yang menemukan teman baru dan bahkan membentuk sebuah perkumpulan kecil yang sering juga disebut sebagai Family oleh banyak pengguna Jagat.io.

Dalam aktivitasnya, user di Jagat.io berinteraksi dengan satu sama lain, atau bahkan berkreasi melalui Space atau ruang berkarya yang otomatis dimiliki oleh setiap user. Di Jagat.io, user sering memanfaatkan Spacenya sebagai ruang streaming, karaoke, atau bahkan tempat curhat. Setidaknya sudah tercatat ratusan ribu user Jagat.io sampai hari ini.

Selain itu, avatar bebas berekspresi melalui fitur berdansa sampai “rebahan”. Menampung berbagai request dari pengguna, Jagat.io hadirkan fitur dimana user dapat mengaktifkan fitur berjoget, rebahan, dan gerakan air guitar pada awal Desember 2022. Fitur ini sekarang sering digunakan user Jagat.io pada saat menonton user lainnya tampil bernyanyi, memainkan musik, atau saat menghadiri acara pesta yang diadakan di sebuah Space.

Dunia Jagat.io terdiri dari sebuah ruang publik yang berbentuk layaknya sebuah kota, dan juga space dari masing-masing user yang dapat dibuka ke publik ataupun diatur menjadi ruang privat. Layaknya sebuah kota di dunia nyata, terdapat seekor kucing liar berwarna hitam yang meramaikan sebuah atap bangunan di salah satu ruang publik Jagat.io, yaitu Downtown. Pada tanggal 14 Desember, Jagat.io melakukan sebuah sayembara untuk mencari nama yang tepat untuk kucing hitam liar ini. Dari ratusan ide yang dikumpulkan dari komunitas Jagat.io, nama MengGat ditetapkan sebagai nama dari kucing liar tersebut.

Ada juga Acoin, sebuah mata uang yang hanya berlaku di dunia Jagat.io, awalnya dapat dimanfaatkan untuk membeli ragam pakaian, aksesoris maupun furniture. Namun sejak awal Desember, user Jagat.io dapat mentransfer Acoin ataupun berbagai barang lainnya antar user sebagai bentuk apresiasi. Tidak hanya itu, user dapat dengan mudah menambah jumlah Acoin yang dimiliki dengan melakukan top up. Fitur ini diharapkan dapat menjadi bentuk apresiasi yang dapat memberikan kreator-kreator Jagat.io insentif dan semangat untuk terus berkarya.

Noice juga hadirkan podcast yang langsung bisa didengar melalui metaverse Jagat.io. Pengguna hanya butuh mengunjungi Space dari Noice yang dapat diakses melalui Plaza Bhinneka, salah satu kota yang terdapat di metaverse Jagat.io.

Jagat.io juga berkoloborasi dengan Bumilangit menghadirkan superhero lokal Sri Asih dan Gundala ke dalam metaverse. Selain itu, Jagat.io juga berkolaborasi dengan mitra  pionir lain diantaranya MAJA Labs, sosok kreatif di balik Bali Digital Fashion Week yang juga diadakan di Jagat.io, serta platform edukasi Web 3.0 PLAY3, yang mendorong literasi topik seputar web 3.0 dengan menghadirkan berbagai kampanye edukasi di metaverse Jagat.io melalui serangkaian acara, salah satunya dengan memutar video di bioskop virtual Jagat.io.

Memasuki 2023, membangun komunitas yang kreatif dan positif tetap menjadi prioritas utama Jagat.io. Sampai dengan hari ini, Jagat.io terus mengumpulkan feedback secara terbuka, demi menghadirkan dunia yang dapat menjawab kebutuhan berekspresi masyarakat. Salah satu fitur yang direncanakan akan segera diluncurkan adalah fitur Club, sebuah fitur dimana user dapat berkomunitas semudah membentuk grup chatting.

Selain fitur, Jagat.io juga di tengah perencanaan peluncuran program pengembangan komunitas yang dibentuk untuk merangkul developer-developer maupun kreator kritis dan berbakat melalui program Bug Bounty.

Kedepannya Jagat.io akan terus memperluas kolaborasi dengan berbagai brand, diantaranya dengan Indonesian Basketball League (IBL). Selain itu, kolaborasi yang sudah terjalin sekarang juga akan terus dieksplorasi, salah satunya dengan Bumilangit, melalui kampanye bertemakan pahlawan super Virgo yang filmnya dicanangkan akan tayang Januari 2023 mendatang.

Barry Beagen, Co-Founder & CEO dari Jagat.io menyebutkan kalau tim Jagat.io juga sedang mempersiapkan peta pengembangan yang berfokus pada brand dan kreator lokal,.

“Jagat.io merupakan wadah bagi siapapun untuk berkomunitas, dunia yang kami kembangkan adalah sebuah platform berinteraksi baru yang menghadirkan pengalaman yang belum ada sebelumnya. Yakni pengalaman bersosialisasi, berkumpul, dan berkomunitas yang imersif, namun tetap mengutamakan kedekatan yang otentik seperti di dunia nyata,” jelas Barry Beagen dalam keterangan tertulis yang diterima KABARI.

Baca Juga