Angin tornado menyapu daratan Oklahoma City, Amerika Serikat, Senin (20/5) petang waktu setempat. Pusaran angin bergerak menuju daerah-daerah sekitar, seperti dilaporkan CNN, pusaran angin lebih dari 2 mil. Kondisi itu menjadikan kawasan Oklahama dan sekitarnya ditetapkan dalam keadaan darurat.

Dalam waktu yang cukup singkat tornado raksasa meluluhlantakkan Oklahoma City. Diperkirakan lebih dari 1.200 rumah tersapu pusaran angin. Saluran komunikasi terputus total, begitu juga listrik. Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah meminta untuk memastikan kondisi terakhir.

10 orang sudah dipastikan menjadi korban jiwa karena bencana alam ini. Berdasarkan laporan Dinas Cuaca Nasional Amerika (20/5),  kekuatan tornado yang melibas daerah pinggiran metropolitan Oklahoma City ini diperkirakan tak kurang dari EF-4, dengan kecepatan saat melintas antara 267-321 kilometer per jam. Dalam skala Fujita, level EF4 merupakan level tertinggi nomor dua, untuk sebuah angin Tornado. Level EF5 adalah yang tertinggi.

Ribuan orang diperkirakan terjebak di kawasan Interstate 35 di Moore, Oklahoma. Pencarian dipusatkan di sekotar The Plaza Elementary School, yang kondisinya kini rata dengan tanah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55849

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

 

 

 

 

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ 9 = tiga belas