KabariNews – Mesin Automatic teller machine (ATM) menjadi sarana praktis, karena lebih
mempermudah transaksi perbankan. Namun bagi Anda yang sering menggunakan fasilitas ini ada baiknya lebih waspada.

Kelebihan ATM yang memberikan kemudahan pada nasabah bank menjadikan mesin canggih ini kerap dikunjungi orang, bahkan setiap harinya mesin ATM digunakan oleh puluhan atau bahkan
ratusan orang dengan berbagai aktivitas. Setiap pengunjung pasti menekan tombol, dan dari situlah sumber penyakit menyebar, untuk itu kebersihan mesin ATM perlu diwaspadai.

Para ahli di Britania Raya tertarik untuk menguji tingkat kebersihan tombol-tombol mesin ATM dan membandingkannya dengan tingkat kebersihan toilet. Para peneliti sangat tertarik dengan pengujian ini. Menurut para ahli mesin ATM bisa jadi salah satu sumber penyebaran penyakit. Pasalnya mereka yang menekan tombol mesin bisa saja sedang mengidap atau membawa sumber penyakit yang dengan mudah memindahkan bakteri ke tombol tersebut, apalagi tombol-tombol itu berminyak karena sering digunakan banyak orang.

Kenapa mesin ATM sama joroknya dengan toilet?

Seperti diberitakan di telegraph, para peneliti sudah mengambil sampel dari permukaan tombol angka di mesin-mesin ATM yang ramai di sekitar Britania. Kemudian mereka juga mengambil sampel dari permukaan tempat duduk toilet umum untuk dibandingkan.

Sampel dibiarkan tumbuh selama satu malam untuk kemudian diteliti. Dari dua lokasi tersebut
ditemukan pseudomonasdan bacillius yang diketahui sebagai sumber penyakit dan penyebab diare. Tidak hanya itu saja, tingkat kontaminasi toilet juga setara dengan mesin ATM.

Tidak selamanya tempat yang Anda duga bersih terbebas dari bakteri, kenyataannya mesin ATM yang biasanya ditempatkan pada lokasi strategis, mal, hotel, fasilitas umum, dll pun bisa juga jadi sarang penyakit. Ingatlah untuk terus menjaga kebersihan, untuk itu sebaiknya usai beraktivitas tidak lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun agar terbebas dari ancaman penyakit yang ditularkan dari fasilitas umum seperti toilet dan mesin ATM.