KabariNews – Bambu rezeki, ya itulah sebutan untuk tanaman hias yang satu ini. Entah mitos atau kepercayaan dari suku tertentu, namun yang jelas tumbuhan dengan nama ilmiah Dracaena Sanderiana atau dikenal juga  Ribbon plant ini telah memikat hati para pecinta tamanan hias. Jenis dari tumbuhan ini memang banyak macamnya. Sebut saja misalnya Dracaena Reflexa atau sering dikenal dengan sebutan Song of India yang umum dijadikan tanaman hias daun potong. Juga ada lagi Dracaena Tricolor yang sering di jadikan sebagai tanaman lanskap. Bahkan ada juga Dracaena yang digunakan sebagai bahan alami penghasil  pewarna makanan.

Para pecinta Dracaena Sanderiana banyak yang menanam tumbuhan ini sebagai komponen taman hias dalam rumah maupun dijadikan tanaman yang berdiri sendiri. Karena bentuk daunnya yang memanjang dan jatuh juga warnanya hijau polos, ada juga yang bergaris putih dangan batang lurus dan lentur, sehingga bisa dirangkai menjadi satu ikatan tanaman yang cantik.

Asal usul tanaman ini ternyata berasal dari negara Kamerun yaitu sebuah negara di benua Afrika. Yang kemudian mulai dibudidayakan masyarakat China dan Jepang,  bahkan hingga sekarang diolah menjadi bentuk-bentuk yang menarik. Di Amerika dan Inggris tanaman ini juga telah digemari sejak zaman Victoria. Dracaena banyak digunakan sebagai penghias rumah model kontemporer maupun model hi-tech hingga saat ini.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar masyarakat Jepang dan China memercayai kalau tanaman Dracaena Sanderiana merupakan flora pembawa hoki. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, tanaman ini membawa energi positif juga keberuntungan bagi pemiliknya. Itu sebabnya,tanaman ini memiliki nama popular yaitu bambu rejeki, atau di dunia internasional terkenal dengan lucky bamboo. Terlepas dari kepercayaan itu, Anda juga bisa memperoleh rezeki atau keberuntungan finansial jika mampu menangkarkan tanaman ini, membentuknya menjadi pola-pola menarik, kemudian menjualnya ke kolektor-kolektor tanaman hias.

Selain sebagai tanaman hias yang cantik ternyata tanaman ini juga dapat memberi manfaat untuk kesehatan manusia. Dipercaya bahwa tanaman ini dapat menghasilkan oksigen yang baik untuk bernafas. Maka banyak para pecinta tanaman hias yang menjadikan flora ini sebagai hiasan dalam ruangan. Karena media tanaman ini tidak sulit untuk didapatkan juga cara perawatannya yang mudah menjadikannya pilihan yang baik untuk hiasan dalam kantor maupun ruang keluarga Anda.