KabariNews – Film ini berkisah tentang bagaimana para muslim berjuang untuk potret Islam yang indah dan damai, untuk menjawab Islamphobia yang diakibatkan pembajakan nama Islam oleh beberapa kelompok yang dinamakan terorisme, dibalut dengan sebuah perjalanan sepasang suami istri yang menemukan arti kebersamaan dan perpisahan lewat para korban tragedi di 9/11.

“Bulan Terbelah di Langit Amerika” menceritakan perjalanan sepasang suami istri di kota New York, Amerika Serikat. Hanum (Acha Septriasa) seorang Jurnalis, berusaha menuliskan berita yang mampu menjawab pertanyaan dunia, “Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?”

Dengan momen yang bersamaan, suaminya, Rangga (Abimana Aryasatya) ditugaskan untuk wawancara seorang milyuner kenamaan yang misterius, Phillipus Brown di New York, yang berubah drastis setelah tragedi 9/11.

Mereka berangkat ke New York, setelah terlibat beberapa kali insiden dan perdebatan tentang tarik ulur  kepentingan, keduanya mengalami kejadian luar biasa saat terjadi demonstrasi menentang masjid Ground Zero yang terletak dekat dengan bekas menara kembar WTC tahun 2001. (1011)