Siapa sangka tugas kuliah di kampus mengantar ke empat mahasiswa ini menjadi terkenal sekaligus mendapatkan penghargaan? Mereka menyabet juara satu produk unggulan agribisnis di Universitas Brawijaya. Berkat tugas kuliah itu pulalah, kini mereka pun mampu merasakan keuntungan finansial. Keempat mahasiswa jurusan Agribisnis dari Universitas Brawijaya ini membuat es krim unik yakni es krim dari kulit pisang.

Adalah Sayyidah Anggun, Ichwal Januraga, Ratna Dumilah, dan Eygina Yesphine yang berinovasi dengan kulit pisang sehingga menghasilkan es krim sehat bernutrisi. Rasanya berbeda dengan es krim kebanyakan karena dominiasi bahan kulit pisang sehingga memiliki tekstur yang unik. Satu lagi keunggulan es krim ini, harganya yang murah yakni Rp. 3.000 setiap cup nya.

Setelah mendapatkan tugas kuliah dari dosen untuk membuat inovasi dari kulit pisang, mereka sempat memutuskan untuk membuat tas. Namun, kendala biaya mengurungkan niat mereka dan ide untuk membuat es krim dari kulit pisang pun muncul. Mulailah mereka mengadakan percobaan untuk membuat es krim. Beberapa kendala yang sempat muncul, dapat mereka atasi misalnya mengurangi rasa pahit di kulit dengan menambahkan gula. Kini, mereka menghadapi kendala berbeda, yakni kesulitan untuk mendapatkan kulit pisang yang bersih sebagai bahan pembuatan es krim.

Pembuatan es krim ini tidaklah sulit. Mula-mula, kulit pisang dicuci hingga bersih lantas direbus menggunakan air gula. Setelah itu, kulit pisang dihaluskan lantas diambil ekstraknya. Campuran ekstrak kulit pisang dengan adonan es krim lantas diberikan berbagai macam rasa. Kini mereka sudah membuat es krim dengan rasa coklat, vanila, strawberry dan capucino.

Kulit pisang sendiri mengandung nutrisi yang lebih banyak ketimbang pisangnya. Kulit pisang mengandung karbohidrat, lemak nabati, kalsium, protein, vitamin A, B, dan C. Sedangkan kandungan mineral yang cukup banyak dari buah pisang adalah kalium. Semua zat tersebut sangat baik untuk tubuh. Kulit pisang itu sendiri merupakan sepertiga bagian dari buah pisang dan biasanya kita buang begitu saja. Pemanfaatan kulit pisang sebagai es krim bisa mencegah terbuangnya nutrisi tersebut. Kita pun dapat memperoleh nutrisi penting tersebut dengan murah dan lezat tentunya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55504

Untuk melihat artikel Makanan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


enam − 5 =