Demi kerjasama Bilateral Amerika Serikat – Indonesia Senator dari Partai Republik, Amerika Serikat John McCain dan Senator dari Partai Demokrat Sheldon Whitehouse mengunjungi Istana Negara untuk bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (12/8). Dalam pertemuan itu Presiden dan para pejabat As membahas berbagai masalah, salah satunya mengenai perkembangan kelompok militan Islamic State in Iraq and Syria (ISIS) yang sedang hangat diperbincangkan publik.

Presiden menyambut kedatangan para pejabat tinggai AS itu didampingi oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Wakil Menteri Dino Pati Djalal, Menko Pulhukam Djoko Suyanto dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada keterangan pers yang disampaikan di Istana, MacCain sedikit memberi bocoran atas lawatannya ke Indonesia. “Kami bahas berbagai hal dan juga bicara tentang ISIS. ISIS mulai mengincar Indonesia” katanya.

Mantan calon Presiden AS itu mengatakan, Indonesia sangat berperan dalam mencegah penyebaran ISIS. McCain juga menyebutkan, ia mengagumi Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang cinta damai. “Kami percaya Indonesia adalah contoh dari masyarakat yang bebas dan terbuka dengan demokrasi yang berfungsi di sebuah negara muslim. Kami berharap negara-negara lain dan orang-orang akan mengikuti keteladanan tersebut” paparnya

McCain menambahkan, ISIS tidak hanya mengancam Indonesia, tapi juga Amerika Serikat dan negara-negara lain. Sama halnya di Indonesia, pemuda-pemuda di AS juga ada yang terlibat dan bergabung dengan ISIS. Dan apabila kembali ke negaranya mereka akan menjadi ancaman bagi negaranya. “ Mereka bisa menjadi ancaman terhadap AS. ISIS sangat sukses secara signifikan menjadi organisasi teroris yang memiliki kekuatan. Mereka telah menyebabkan terbunuhnya ratusan orang di Mosul” ungkap MacCain.

McCain yakin, jika semua negara bersatu menentang ancaman ISIS maka paham radikal itu bisa dicegah. “Saya percaya semua negara dapat melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk merespon gerakan radikal ini” tutup MacCain.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68757

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie