Di lokasi tenggelamnya KM Teratai Prima, yakni di perairan Majene, Sulawesi Barat, ternyata sering terjadi kecelakaan. Baik yang menimpa kapal motor bahkan pesawat terbang.

Sulbar

Kecelakaan lain

Tanggal 1 Januari 2007, di lokasi sekitar perairan Majene itulah, pesawat Adam Air berjenis Boeing 737-400 jatuh dan hilang. Pesawat naas yang memuat 96 penumpang dan enam awak pesawat itu jatuh menghantam perairan Majene. Pesawat itu rencananya akan bertolak ke Manado dari Surabaya, dan memalui rute biasa, yakni menyeberangi perairan Majene.  Tapi pada tanggal 1 Januari itu, pesawat hilang dari radar dan pusat menara pengatur lalul lintas penerbangan gagal melakukan  kontak dengan pesawat. rupanya diatas perarian Maejene, pesawat menukik tajam dan tenggelam di perairan Mejane. Bangkai pesawat dan seluruh korban belum ditemukan hingga kini. 

Rute Adam air

Peristiwa itu menjadi perhatian media dan dunia tranportasi Indonesia, kotak hitam pesawat naas itu pun baru ditemukan delapan bulan kemudian yakni tanggal 27 Agustus. Dari analisa kotak hitam, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan indikasi bahwa pesawat mengalami gangguan navigasi.

Boeing 737-400

Sementara diperairan yang sama, terjadi pula berbagai kecelakaan. Misalnya pada 19 Juli 2007,  KM Mutiara Indah tenggelam. Sehari kemudian, 20
Juli 2007, KM Fajar Mas juga tenggelam. Lalu tak jauh dari sana, pada 16
Agustus 2007,  kapal penangkap ikan “Sumber Awal” tenggelam. Dan terakhir pada 
Juli lalu, sebuah kapal yang mengangkut bahan kebutuhan pokok tenggelam. (foto:wikipedia/berbagai sumber)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32506

Untuk melihat Berita Indonesia / Utama lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket