KabariNews – Memakai blazer berwarna biru, Hillary Clinton tiba pukul 17.00 di gedung Pancasila, Departemen Luar Negeri. Menlu Hasan Wirajuda langsung menyambut Hillary begitu turun dari sedan berwarna hitam.

Keduanya berjabat tangan erat dan sempat memberikan sesi foto kepada para pewarta foto untuk mengambil gambar.

Saat disapa wartawan, Hillary menjawab antusias “Excellent!”, sambil berjalan memasuki gedung. Hillary juga sempat berkata “Very happy to be back”.

Hillary kemudian melakukan pertemuan tertutup dengan Menlu RI Hasan Wirajuda selama kurang lebih satu jam. Pertemuan bilateral pertama antar pejabat tinggi kedua negara tersebut, membahas langkah kemitraan komperehensif  antar kedua negara.

Kemitraan komperenhensif  tersebut mencakup kerjasama di sektor ekonomi, pendidikan, perdagangan, lingkungan hidup, dan antar warga negara.

Hillary mengungkapkan peran penting Indonesia sebagai negara negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan negara demokratis terbesar ketiga di dunia. Dan kemitraan ini adalah bagian dari dalam rangka kebijakan smart power yang dijalankan pemerintahan Obama.

Dalam kesempatan itu Hillary juga menyampaikan salam Presiden Barack Obama kepada masyarakat Indonesia. Ia mengatakan “Saya membawa salam dari Presiden Obama yang telah mengatakan betapa pentingnya masa kecil yang telah dilaluinya di Indonesia”.