KabariNews – Anda pernah makan ubi?

Ubi yang selama ini dianggap sebagai makanan ‘ndeso’ ternyata punya manfaat yang tidak kalah dengan jenis umbi dan sayuran lainnya. Berbanggalah Anda yang gemar mengkonsumsi ubi jalar, pasalnya dalam ubi terkandung nilai gizi yang luar biasa.

Berdasarkan riset ahli gizi dari Center of Science of Public Interest (CSPI) di Amerika Serikat, ubi dikategorikan sebagai pangan terbaik. Yang mengejutkan, dalam riset terbukti bahwa nilai gizi ubi lebih tinggi dari brokoli, wortel, kacang-kacangan, tomat, selada dan masih banyak yang lain.

ubi jalar memiliki beberapa varietas diantaranya adalah ubi ungu, ubi kuning, ubi merah dan ubi putih. Umumnya yang lebih disukai adalah ubi ungu, karena rasanya yang lebih manis dan teksturnya lebih lembut. Warna ungu dan kuning / merah pada ubi menandakan tingginya kandungan antioksidan dan betakaroten. Menurut The US Sweet Potato Cauncil Inc, ubi jalar yang dimasak bersama kulitnya lebih banyak memberikan serat daripada oatmeal.

Ubi jalar memberikan tubuh kita betakaroten dan mampu memenuhi kebutuhan viamin A sebesar 200 persen. Ubi jalar umumnya mengandung karbohidrat, gula, folat, vitamin A,B,C, E kalisum dan kalium. Kandungan vitamin B, C, folat, kalium dan kalsium berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, kanker. Ada lagi yang perlu Anda tahu, ubi jalar juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pengurang stres.

Nutrisi yang terkandung juga bermanfaat penting sebagai antioksidan serta menjaga kesehatan mata. Meski mengandung karbohidrat tinggi dan gula, Anda tidak perlu khawatir karena panganan ini rendah kalori. Para penderita diabetes bisa menjadikan ubi sebagai menu diet harian. Nutrisi yang ada pada ubi dapat menstabilkan gula darah serta mengatur kerja insulin. Serat di dalamnya dapat mencegah kanker usus.

Ubi jalar juga mampu mengendalikan produksi homon melatonin yang menghasilkan kelenjar pineal di dalam otak. Melatonin adalah antioksidan yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak, sekaligus mereparasi jika ada kerusakan. Kekurangan asupan vitamin A dapat menghambat produksi melatonin dan menurunkan fungsi saraf otak sehingga muncul gangguan tidur dan berkurangnya daya ingat.

Berikut beberapa khasiat mengkonsumsi ubi jalar :

Kesehatan gigi, gusi dan tulang

Selain menyehatkan mata, ubi juga baik untuk gigi dan gusi. Vitamin C yang ada menyokong nutrisi baik yang bermanfaat untuk mencegah gigi dan gusi berdarah. Tak hanya itu saja, kadar mineral yang terkandung pun mampu mengatasi oesteoporosis.

Menurunkan kolesterol

Kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Obat alami stres

Ubi jalar kaya akan kandungan asam pantotenat yaitu vitamin B yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon stres. Hal ini diyakini bahwa ketika seseorang stres, maka asam pantotenat dalam tubuh digunakan, oleh karena itu dibutuhkan asupan yang cukup agar stres mudah diatasi.

Obat awet muda

Kabar baik ini tentunya sangat disukai wanita. Pasalnya ubi jalar mengandung vitamin E, yang bermanfaat dalam mencegah penuaan kulit. serta antioksidan yang mampu mencegah penuaan dan keriput.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73396

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan