KabariNews – Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, itulah yang kerap dikeluhkan banyak orang. Pasalnya jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia selalu lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah tenaga pencari kerja setiap tahunnya. Nah, jadi jangan heran jika banyak pelamar melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pekerjaan.

Jangan mau kalah dengan para ‘pemburu’ lowongan pekerjaan lainnya, Anda pun harus lebih optimis untuk mendapatkan pekerjaan seperti idaman Anda. Persiapkan diri karena di luar sana ada banyak saingan yang memiliki beragam kemampuan. Pastikan semua tersusun secara baik agar tidak kalah saing.

Agar tidak kalah saing Anda harus tahu bagaimana menyusun strategi untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang Anda inginkan. Persiapan daftar riwayat hidup, persiapan interview, sampai informasi tentang lowongan pekerjaan dan lingkungannya pun harus tersusun dengan baik.

Perencanaan yang baik akan mendukung Anda untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini beberapa tips cara cerdas melamar pekerjaan :

1. Langkah pertama yang harus Anda ketahui yaitu potensi atau kemampuan spesial Anda. Semua perusahaan menginginkan karyawannya bisa diandalkan dan dapat memberi konrtribusi baik untuk perkembangan perusahaan. Cantumkan kemampuan unik yang Anda miliki pada riwayat hidup atau pada surat lamaran, hal ini dapat menambah nilai plus saat melamar pekerjaan. Pastikan lagi, bahwa kemampuan Anda bisa dilirik atau menjadi bahan pertimbangan perusahaan.

2. Kegagalan adalah peluang untuk meraih kesuksesan, jadi jangan pernah takut merasa gagal. Coba lagi, cari dan raih kegagalan untuk mencapai keberhasilan. Jika Anda kurang puas dengan kegagalan kemarin, tidak ada salahnya Anda coba menganalisis kenapa kegagalan itu bisa terjadi. Temukan kekurangan Anda, dan belajarlah untuk memperbaikinya. Jangan jadi orang yang gampang menyerah, bangun kembali percaya diri Anda dan raihlah sukses seperti impian Anda

3. Bangunlah network setiap hari, tingkatkan dengan mencari informasi di sekitar teman, kerabat atau internet. Gali informasi sebanyak-banyaknya, dengan begitu Anda akan memiliki jaringan yang bagus untuk memperluas peluang kerja.

4. Perkecil saingan dan manfaatkan peluang Anda, artinya Anda harus bisa mengambil kesempatan sekaligus membatasi saingan dengan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang Anda. Sebisa mungkin hindari melamar kerja sejenis dengan pekerjaan yang menerima semua jenis pekerjaan.

5. Anda perlu strategi untuk mencari kerja, dengan begitu Anda lebih bisa menyesuaikan. Misalnya Anda termasuk tipe pendiam, maka sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan informasi baru dari orang-orang yang baru Anda kenal. Oleh karena itu biasanya orang-orang tipe ini akan lebih mengandalkan relasi seperti job fair. Berbeda jika Anda termasuk aktif, Anda pasti akan lebih supel dan mudah mencari informasi pekerjaan dari berbagai sumber.

6. Tingkatkan terus kecerdasan dan daya kreatif Anda dalam menemukan cara baru yang lebih inovatif untuk memperbesar peluang lowongan pekerjaan. Misalnya, manfaatkan teknologi dengan membuat blog pribadi yang profesional di internet. Cara lain adalah dengan melengkapi daftar riwayat hidup semenarik mungkin tentang kemampuan Anda.

7. Teliti. Usahakan surat lamaran yang Anda buat, terlihat lebih menarik dengan bahasa yang jelas, rapi, besih dan tidak ada kesalahan ejaan atau ada koreksi seperti di tippex atau perbaikan dengan pulpen.