KabariNews – Disela-sela berjalannya aksi, KabariNews menanyakan kepada aparat kepolisian yang bertugas di Pos Lantas Patung Kuda Bundaran Bank Indonesia. Aparat menyebut massa perkiraan awal di lapangan tidak lebih dari 5.000 orang. “Itu saja sudah mentok,” kata Polisi yang enggan disebutkan namanya.
Seiring berjalannya acara, pantauan dari aparat di lapangan, banyak massa yang akhirnya membubarkan diri. “Paling yang ikut pawai sampai Tugu Tani tidak lebih 2.000 orang,” tambahnya.

Sementara, menurut Nong salah satu dari tim penggagas Parade, banyak pihak yang ingin membandingkan Parade Bhinneka Tunggal Ika dengan aksi 4 November sebelumnya atau dikenal dengan aksi 411. Namun dia menegaskan, parade kebinekaan bukan kuantitas yang menjadi tekanan. “Tapi soal kebersamaan kebinekaan yang harus dirayakan. Sebab, tadi yang hadir dari tokoh lintas agama dan tokoh,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa banyak rekan media yang menanyakan soal jumlah tokoh dan artis, karena sebelumnya tersebar soal poster yang banyak artis dan banyak tokoh.

“Perlu diingat acara Parade Bhinneka Tunggal Ika di sini tidak memusatkan kepada para tokoh dan artis siapa yang datang. Kita ingin mengajak masyarakat umum yang keseluruhan untuk terlibat dalam aksi ini, jadi tanpa terbuai karena tokoh dan artis,” katanya menuturkan Parade Bhineka Tunggal Ika bukan aksi balasan 4 November. (Didit/Foto:ist)