Bogor, KabariNews.com – Batik yang merupakan salah satu seni tradisional khas Indonesia akhirnya diakui dunia.

Lembaga dunia yang mengurus masalah kebudayaan,UNESCO, akhirnya menyetujui dan menetapkan bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya yang dihasilkan Indonesia.

Keputusan UNESCO ini disampaikan Menko Kesra Aburizal Bakrie kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat digelar pertemuan yang membahas batik di Istana Bogor, Jawa Barat, pada hari Senin (7/9).

Berdasarkan keterangan Abu Rizal Bakrie, peresmian batik sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO tersebut akan digelar pada tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2009 dalam suatu rangkaian acara UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Pemberitahuan Keputusan UNESCO mengenai pengakuan batik sebagai warisan dunia yang dihasilkan Indonesia ini telah kami terima,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada seluruh masyarakat untuk memakai batik sebagai penghargaan terhadap keberhasilan yang telah diraih tersebut.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, berjanji bahwa batik akan terus dibudayakan di Indonesia.

Sebelumnya, UNESCO juga telah mengakui beberapa seni milik Indonesia sebagai warisan yang bersifat dunia, yakni wayang dan keris.

Saat ini pemerintah juga tengah berusaha memasukan alat musik tradisional khas Jawa Barat, Angklung, sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33732

Untuk melihat Berita Indonesia / Utama lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :