Model promosi yang low budget high impact bakal didapatkan Indonesia menyusul kehadiran selebritas ternama internasional. Setelah aktris Julia Roberts mengunjungi Bali, kini giliran aktor Hollywood, Richard Gere, yang akan berkunjung ke Candi Borobudur dan Prambanan pada 25 hingga 27 Juni 2011.

Dalam kunjungannya ke candi yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tersebut, Richard Gere beserta keluarganya akan menghadiri acara Morning Peace Walk bersama para biksu agama Buddha di Borobudur. Selain itu, seperti ketika Gere di Tibet, di Yogyakarta dia juga turut melakukan boddhi tree planting di kawasan taman Candi Borobudur serta mengunjungi Candi Pawon dan Candi Mendut.

“Kedatangan Richard Gere ke Candi Borobudur diharapkan akan memberi pengaruh positif bagi Indonesia, sehingga menarik banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Candi Borobudur,” kata Dirjen Pemasaran Kementerian Budaya dan Pariwisata, Sapta Nirwandar.

Menurut Sapta, Candi Borobudur dan Prambanan terus dipromosikan secara gencar. Terlebih pasca letusan Gunung Merapi, informasi bahwa Borobudur dan Prambanan aman dikunjungi perlu diberitahukan kepada masyarakat internasional. “Salah satu cara berpromosi antara lain kita mengundang prominent person seperti artis Richard Gere,” kata Sapta.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dengan banyaknya fans Richard Gere di Asia, Amerika, dan Eropa, kedatangannya ke Indonesia diharapkan akan semakin memperkenalkan Candi Borobudur dan Prambanan ke seluruh dunia. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Richard Gere yang penganut Buddha ini akan bertemu Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik.

Gere juga dijadwalkan bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam acara jamuan makan malam di Keraton Kesultanan Yogyakarta. Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko, Purnomo Praseto, mengatakan, selain untuk kunjungan religius, Richard Gere akan menyaksikan pementasan Sendratari mahakarya Borobudur yang digelar di panggung terbuka Aksobya sebelah timur kaki Candi Borobudur.

Dia berharap rangkaian kunjungan Richard Gere akan menarik perhatian dunia dan memberikan inspirasi media-media internasional untuk melakukan peliputan dokumenter yang akan ditayangkan ke seluruh dunia. “Sebelumnya tahun 2010 jumlah kunjungan ke Borobudur mencapai 340.000, ditargetkan tahun ini 440.000 kunjungan,” ujar Purnomo.

Kedatangan ke Candi Borobudur tidak terlepas dari Richard Gere yang seorang penganut Buddha dan peringatan 1000 Tahun Atisa. Atisa adalah pendeta bikuni gelombang kedua yang membawa dan merestorasi Budhism. Atisa pernah belajar agama Buddha di Kerajaan Sriwijaya, mengunjungi Candi Borobudur pada 1012 SM dan membawa ajaran tersebut ke Tibet.

Bintang Lain

 

Tidak hanya Richard Gere, masih banyak juga kunjungan selebritas internasional ke Indonesia pada Juni ini. Sejumlah nama besar sepak bola di antaranya Giovanni van Bronckhorst, Rio Ferdinand, serta Francesc ‘Cesc’ Fabregas akan mengunjungi Indonesia.
Mantan kapten timnas Belanda keturunan Maluku, Van Bronckhorst, hadir di Jakarta untuk mendirikan yayasannya Giovanni van Bronckhorst Foundation. Ini adalah kali pertama pesepak bola Eropa membangun yayasan di Indonesia. Selain itu, pria berusia 36 tahun ini juga akan ambil bagian di laga eksebisi Starbol-Unite for Football Indonesia.
Pertandingan eksebisi Starbol ini mempertemukan pemain nasional serta asing yang bermain di Djarum Indonesia Super League (DISL) dan Liga Primer Indonesia (LPI).
Tokoh dari dua kompetisi berbeda itu akan dikelompokkan dalam dua tim, yakni Dream Team of Indonesia (Red Team) dan International Star (White Team). Pada laga yang akan dipanggungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (22/6), Van Bronckhorst akan bergabung di White Team yang diprakarsai Jacksen F.Tiago. Bintang Spanyol Cesc Fabregas juga akan berkunjung ke Indonesia. Tak hanya sekadar berlibur, pemain yang saat ini tengah jadi rebutan klub-klub papan atas Eropa ini juga akan mewujudkan mimpi anak-anak muda Indonesia untuk bertemu dengannya secara langsung.
Fabregas digandeng Biskuat Tiger Cup (BTC) 2011, sebagai salah satu duta bersama Bambang ‘Bepe’ Pamungkas. Satu tim dari enam sekolah dasar (SD) yang lolos kualifikasi berkesempatan bertemu bintang asal Spanyol ini pada 23 Juni di Bali.
Antusiasme besar untuk bertemu salah satu bintang sepak bola Eropa ditunjukkan anak-anak Indonesia. Muhamad Faisal, salah satu talenta muda berbakat Indonesia dari SD Nilam 1, Bandung, menyampaikan kebahagiaannya bisa berkesempatan bertemu langsung dengan Fabregas. Pencetak gol terbanyak BTC dari Bandung ini mengaku mengidolakan pemain Arsenal tersebut.
“Saya sangat suka permainan Fabregas karena gocekannya bagus. Selain ngefans, saya juga ingin sekali bisa bertemu Fabregas,” ungkap Faisal, bocah berusia 12 tahun ini.
Ternyata tak hanya Faisal, anak-anak Indonesia, atau gila bola Tanah Air yang menyambut kesempatan ini dengan perasaan bahagia. Dalam akun Twitter-nya, @cesc4official, bintang yang jadi bagian Spanyol untuk menyandingkan gelar Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 ini juga menanti momen tersebut.
 “Tak sabar menunggu pekan depan pergi ke Jakarta dan Bali.Tunggu saya!!! 😉 ”tulis Fabregas. Bintang sepak bola Inggris lainnya, Rio Ferdinand, juga akan hadir di Jakarta pada 28 Juni. Kedatangan Ferdinand ini diselenggarakan oleh Munial Sport Group (MSG).
Sementara itu, kabar mengenai gelandang MU, Luis Nani, yang berlibur di Bali bukan isu belaka. Lewat akun Twitternya, dia mem-posting foto-fotonya saat berada di Bali. Ada tiga foto yang menggambarkan Nani di Pulau Dewata. Banyak penggemarnya mendatangi tempatnya menginap di Bali.