Udara dingin, angin kencang dan hujan lebat kini tengah mewarnai Tanah Air. Kondisi ini membuat banyak orang mudah sakit, mulai dari flu, demam, masuk angin dan lainnya. malas-malasan, ngantuk dan jenuh dengan kondisi cuaca dingin seakan menghipnotis banyak orang untuk tinggal dan berlama-lama di dalam rumah.

Musim penghujan yang sudah berjalan dua bulan ini memang merugikan, tapi lantas jangan sampai terbawa suasana jadi tidak semangat, untuk mengatasinya ada banyak cara agar badan tetap fit dan terjaga kesehatannya. Siasati dengan berbagai macam ramuan alami yang diambil dari rempah-rempah.

Salah satu cara menghindarinya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi hangat. Gunakan mantel, jaket dan mengkonsumsi minuman yang bisa menghangatkan tubuh adalah cara efektif agar terhindar dari penyakit.

Pernah coba minuman yang terbuat dari rempah alami? Selain menghangatkan, minuman tradisional ini juga berkhasiat menghangatkan tubuh yang bisa menjaga stamina. Umumnya rempah ini memang digunakan untuk bahan bumbu masakan, tapi jangan salah rempah-rempah juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan.

Jahe

Aromanya yang khas dan hangat bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghangat tubuh terutama tenggorokan dan perut. Rasanya sedikit pedas, tapi jika dikonsumsi tubuh akan terasa lebih hangat meski cuaca dingin. Jenis rempah ini berkhasiat juga untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar pencernaan dan membersihkan tubuh dari darah kotor.

Pala

Biasanya pala digunakan untuk bumbu masakan, asinan, dan manisan. Rasanya yang pedas dan hangat bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh. Buah ini mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Tak hanya dagingnya yang bisa dimanfaatkan, tapi kulit dan bijinya pun bermanfaat. Khasiat dari buah ini adalah mampu mengatasi masuk angin, insomnia, tubuh pegal-pegal, reumatik dan bagi Anda yang kurang berselera makan bisa mengkonsumsi buah ini.

Kapulaga

Biasanya kapulaga digunakan untuk masakan yang berlemak, seperti gule. Rampah ini biasanya sering disebut dengan kapol atau palago. Bentuknya kecil, tapi aromanya cukup menyengat. Tak hanya itu kandungan kimianya cukup tinggi, seperti terpineol, alfaboneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat. Kapulaga bermanfaat untuk meredakan rasa mual, demam, batuk dan menghilangkan bau badan.

Serai

Rempah yang lebih sering digunakan untuk bumbu masak ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung geraniol dan sitronelol. Gunakan batangnya yang berwarna putih, memarkan dan rebus sampai mendidih. Tambahakan gula merah atau madu, dan minum dalam keadaan hangat. Serai bermanfaat untuk obat batuk, masuk angin, demam dan untuk minuman penghangat badan.

Kayu manis

Aromanya yang khas dan harum memberi ketenangan tersendiri saat diminum. Rempah tidak hanya untuk mempermanis minuman seperti campuran kopi, teh, dan lainnya, tapi kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Kayu manis berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37820

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :