Anda pernah makan buah delima?

Buah delima memiliki banyak manfaat, dan telah banyak penelitian membuktikan di dalam buah delima terkandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A, C, dan E yang memberikan tubuh asupan asam folat harian. Tak hanya itu saja, buah delima juga merupakan sumber yang baik bagi antioksidan yang jumlahnya bahkan tiga kali lebih banyak daripada kandungan antioksidan dalam jeruk atau teh hijau.

Delima atau pome tidak hanya berisikan biji banyak, tapi ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada 3 jenis buah delima yang perlu Anda tahu, yiatu delima putih, delima merah dan delima ungu. Dari ketiga jenis tersebut, delima merah masih jadi primadona.

Delima bisa dikonsumsi secara langsung, atau bisa juga dicampur untuk rujak buah, salad, bahkan dijus. Jus delima bisa langsung dikonsumsi tanpa harus membuang bijinya, karena biji delima mengandung pelifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu saja, khasiat buah delima juga sangat beragam, diantaranya menyembuhkan gangguan pada perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan penyakit diabetes. Kandungan serat dalam delima membuatnya sangat cocok dijadikan teman diet. Namun dari semua bagian delima yang bisa dikonsumsi, biji delima adalah yang paling mengandung gizi.

Delima dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Selain untuk menyembuhkan peradangan kulit, delima juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan. Biji delima memiliki senyawa pelindung dari sinar matahari yang membantu kulit melawan radikal bebas. Tak hanya melindungi dari sinar matahari, kandungannya juga membantu mencegah kanker kulit. Bahkan delima bisa dimanfaatkan sebagai anti penuaan alami. Mengkonsumsi jus delima secara teratur dipercaya dapat menghilangkan keriput dan bintik-bintik hitam.

Nutrisi yang terkandung pada delima dipercaya dapat meningkatkan regenerasi sel pada lapisan epidermis dan lapisan dermal kulit. Salah satu manfaat buah delima bagi kulit. Anda bisa membuat masker wajah dengan campuran pepaya, minyak biji anggur, ekstrak biji anggur, dan jus delima. Oleskan masker dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum mencuci muka. Masker tersebut dapat membuat kulit terasa sehat dan kencang dan halus.

Jika Anda penderita anemia, cobalah konsumsi delima dengan cara apapun ( dijus atau dimakan langsung). Kandungan zat besi yang dimiliki buah delima dapat mengurangi gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing. Kandungan mineral di dalamnya juga sangat baik, diantaranya kalsium dan zat besi. Kedua mineral ini bekerja menjaga  kesehatan gigi dan tulang serta membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69784

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan