Pasangan BJ Habibie dan istrinya (Alm) Hasri Ainun Habibie yang selalu tampil romantis memang menginspirasi banyak orang. Sosok Ainun dimata Habibie adalah wanita luar biasa,  bahkan sampai saat ini pun ia mengaku masih mencintai mendiang istrinya. Dan untuk mengenang kisah cintanya sekaligus perjalanan asmara antara mereka dalam sebuah buku berjudul ‘Habibie & Ainun’ diterbitkan. Baru diluncurkan, sambutan masyarakat sangat positif, dan menjadikan buku kisah mantan presiden ke 3 RI itu laris.

Terinspirasi buku dengan kisah nyata di dalamnya, Manoj Punjabi produser MD Pictures tertarik untuk mengangkatnya ke dalam film. Film yang menyorot sisi romantisme seorang Habibie dan Ainun dari masa remaja hingga usia senja. Kehidupan keluarga, kisah asmara di Indonesia sampai ke Jeman hingga Ainun tutup usia.

“Ini sebuah film besar tapi punya beban bagi saya dan tim. Film ini punya nilai yang sangat besar. Pas say abaca, bukunya, langsung tertarik,” papar Manoj

Inspirasi yang berasal dari buku karya Habibie tersebut merupakan sebuah berkah dan juga amanat dengan tanggung jawab yang besar bagi MD Pictures. Habibie adalah sosok yang dikenal oleh publik tanah air dan juga oleh masyarakat luar negeri. Fakta ini makin membuat Manoj tertantang dalam memfilmkan kisah cinta Habibie.

“Ini sangat menantang. Saya punya bayangan kalau ini akan jadi love story yang luar biasa, yang bakal menyentuh. Penonton bisa nonton lebih dari sekali. Satu lagi, kalau Romeo and Juliet kita sudah tahu dua-duanya nggak ada. Kalau ini, Pak Habibie masih eksis,” tandas Manoj.

Film ini rencananya akan diproduksi selama sebulan, antara Juli sampai September. Nama-nama populer seperti Hanung Bramantyo dan Faozan Rizal dipercaya untuk menggarap film dengan bintang utamanya Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun.