Ratusan ribu pengunjung tumpah ruah di bawah langit biru, cerah, dengan sinar matahari yang menembus bumi. Itulah, Rose Parade ke-123, acara tahunan yang diselenggarakan awal tahun 2012 di Pasadena, California, A.S. dengan tema Just Imagine. Tahun ini diikuti oleh 90 peserta.

Indonesia, yang 16 tahun sebelumnya tak ikuti parade, tahun ini mengikutkan dua kontingen. Pertama float dengan tema Wonderful Indonesia dan Pagar Alam. Wonderful Indonesia  yang dirancang Raul Rodriguez mengambil ide Burung Garuda menjulang gagah dengan semarak bunga di seluruhnya. Di kiri kanan terdapat penari yang menari sepanjang kontingen berjalan.

Miss Teen Asia, Meeghan Henry dan Putri Pariwisata serta Raul Rodriguez berdiri di float Wonderful Indonesia menyapa pengunjung yang sepanjang 8 kilometer mengelu-elukan tim yang lewat. Sedangkan “Putri Bunga Nusantara 2011,” Frisca C.Almira menyapa dari float Pagar Alam. Ketika kontingen mendekati kerumuman pengunjung Indonesia yang tinggal di wilayah California, terdengar teriakan “Indonesia …. Indonesia”, dan lagu Halo halo Bandung serta beberapa lagu Indonesia lainnya.

Meeghan Henry, penyanyi asal Indonesia yang sukses di Amerika Serikat, menjadi duta utama, sekaligus juru bicara bagi kontingen Indonesia. Tak sia-sia, Wonderful Indonesia meraih President’s Award, yaitu juara parade dengan kategori pemakaian bunga yang efektif.

Rose Parade atau Parade Bunga Mawar, menampilkan peserta dengan hiasan alami yang ramai dan indah. Setiap inci dari kendaraan peserta parade harus ditutupi oleh bunga atau bahan-bahan lainnya seperti daun-daunan, biji-bijian dan kulit kayu.

Rose Parade diselenggarakan sebagai kegiatan tahunan sejak tahun 1890 di Pasadena, California. Pada mulanya, disponsori oleh Valley Hunt Club, sebuah klub sosial di Pasadena. Ide menyelenggarakan parade ini karena pada awal tahun dimana kota seperti New York ditutupi salju, di Pasadena bunga-bunga melimpah dan buah-buahan hampir berbuah. “Marilah kita mengadakan festival untuk menceritakan kepada dunia tentang surga kita.” Itu semangat Pasadena untuk festival ini.

Pada 1895, pesta ini telah menjadi lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh Valley Hunt Club, maka dibentuklah Asosiasi Turnamen Bunga Mawar sebagai penanggung jawab festival. Pada 1902 diputuskan, bahwa pertandingan foot ball Amerika akan ditambahkan ke dalam acara hari itu. Pertandingan tersebut, pertandingan foot ball pertama di masa pasca-musim pertandingan untuk tingkat perguruan tinggi yang pernah ada.

Tak kurang dari Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal juga ikut hadir pada acara ini. Vincensius Jemadu, Deputy Director of International Promotion for America & Pacific Region, Australia & New Zealand di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, bahwa selama 16 tahun Indonesia tidak ikut parade bunga ini karena situasi Indonesia banyak mengalami perubahan. Misalnya krisis ekonomi dan perubahan politik. “Saat ini hubungan ekonomi dan politik Indonesia dan Amerika Serikat amat baik, sehingga tak salah jika diikuti oleh promosi pariwisata,” katanya. Pihak Pariwisata Indonesia tidak saja mengharapkan kedatangan wisatawan asing ke Indonesia, namun hubungan kontak antar pelaku pariwisata (people to people) amat penting dilakukan . “Itu roh pariwisata,” lanjutnya.

Sebagai peserta dan menang pada salah satu kategori, Indonesia juga diuntungkan dengan peliputan media. Sebagai salah satu atraksi parade bunga terbesar di AS, Rose Parade disaksikan oleh oleh ratusan ribu penonton baik di AS maupun pemirsa dari berbagai negara.

Sejumlah siaran TV ternama di AS dan media cetak juga menyiarkan acara akbar tersebut. Berdasarkan catatan statistik dari penyelenggara, Rose Parade tahun 2011 dihadiri tak kurang oleh 700 ribu pengunjung dan tahun ini sekitar 900,000 orang. Lebih dari itu, sekitar 47 juta penonton AS menyaksikannya dan sekitar 28 juta pemirsa TV yang disiarkan oleh 127 TV dari berbagai negara.

Keikutsertaan Indonesia di ajang ini memang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan KJRI Los Angeles . “Kita akan ikut lagi dalam parade bunga Pasadena pada tahun depan,” kata Vincensius. (Indah)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37747

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :