Kabari News – Enam pelajar Indonesia mengukir prestasi dengan berhasil meraih 1 medali perak, 2 medali perunggu, dan honorable mention pada ajang Global ENvironmental Issues and US (GENIUS) Olympiad 2014 yang diadakan oleh Oswego State University of New York (SUNY), Amerika Serikat pada 15-20 Juni lalu. Aisyah Prayaihsani Prayono pelajar Indonesia yang bersekolah di British School di Baku, Azerbaijan berhasil meraih medali perak untuk bidang Penulisan Kreatif.

Seperti yang dikutip kemlu.go.id (4/7) (Jason Andrew Tjiptadi dan Thomas Renaldy berhasil meraih medali perunggu untuk bidang Sains sedangkan Muhammad Adlan Arvyanda Ramly meraih medali perunggu bidang Desain. Adapun Meria Dwi Fitrianti dan Widya Ayu Monica Wardhani berhasil mendapatkan Honorable Mention dalam bidang Sains. GENIUS Olympiad adalah kompetisi proyek bagi siswa menengah atas berskala internasional untuk isu atau masalah lingkungan. Kompetisi ini digagas oleh Terra Science and Education dan SUNY Oswego sebagai tempat penyelenggaraannya. Pada GENIUS Olympiad 2014 ada 5 bidang yang dilombakan adalah sains (science),  seni (art), desain (design), penulisan kreatif (creative writing), dan musik (music) yang baru disertakan tahun ini.

Kompetisi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman global mengenai isu-isu lingkungan hidup. GENIUS Olympiad juga menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan bagi anak-anak sekolah menengah untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan sebagai calon pemimpin, ilmuwan, seniman, penulis, insinyur dan pembuat kebijakan di masa datang yang akan memberikan kontribusi bagi penciptaan lingkungan hidup yang berkesinambungan. (1009)