Dari Memanjat Jembatan Golden Gate Sampai Pidato Richard Gere

Protes dan ajakan boikot olimpiade Beijing 2008 bergaung dimana-mana menyusul tindakan represif Pemerintah China terhadap warga Tibet. Olimpiade memang masih belum dimulai, tapi obor olimpiade yang diambil dari sumber api abadi di Yunani telah melakukan perjalanan beranting dari satu negara ke negara lainnya sebelum akhirnya berlabuh di China.Berhubung Olimpiade belum dimulai, maka para pemrotes menjadikan seremoni pengarakan obor sebagai saat tepat untuk menyuarakan keadilan bagi warga Tibet. Seperti yang terjadi di San Francisco belum lama ini.
Tiga aktivis muda San Francisco bernama Laurel Mac Sutherlin (30)dan Duane Martinez (27) keduanya berasal dari Sausalito serta Hannah Strange (29) dari Oakland nekat bertaruh nyawa memanjat kabel “ranting”jembatan megah Golden Gate demi menaikkan spanduk “Free Tibet” dan ”One World, One Dream”.Aksi protes ini bertujuan menentang segala tindakan represif China terhadap warga Tibet. Mereka juga meminta dukungan kepada semua pihak agar pengarakan obor olimpiade di Tibet pada tanggal 19 sampai 21 Juni ditiadakan.

Melalui sebuah organisasi komunitas Tibet di San Francisco, Laurel Mac Sutherlin menyatakan, “Kota San Francisco dari dulu memiliki sejarah untuk membela kemerdekaan dan hak asasi manusia, maka dari itu kami tidak mengijinkan Pemerintah China untuk tidak menghormati prinsip kami.” Pria yang tinggal di sebuah rumah perahu (houseboat) di Sausalito itu menambahkan, “Walikota Gavin Newsom bersetuju secara pribadi untuk menyatakan kepeduliannya dengan Komite Internasional Olimpiade akan isu obor olimpiade China mengelilingi Tibet. Walikota Newsom, dengan bekerjasama dengan Komite Internasional Olimpiade, wajib melakukan sesuatu untuk mencegah arak-arakan obor olimpiade di Negara Tibet sesuai dengan janjinya.” Menyikapi aksi protes itu, keesokan harinya Walikota Gavin Newsom mengadakan pertemuan dengan Duta Besar China di San Francisco City Hall dan San Francisco Asian Art Museum.

Sementara itu, protes damai untuk solidaritas Tibet juga berlangsung di United Nations dan Justin Hermann Plaza. Acara solidaritas untuk Tibet ini dibanjiri oleh ratusan orang baik orangtua maupun anak-anak. Di sini mereka mendengarkan pidato dari aktivis Tibet dan pejuang Hak Asasi Manusia mulai dari Uskup BesarAfrika Selatan Desmond Tutu, anggota San Francisco Board of  Supervisors dan advokat Chris Daly, Ketua organisasi komunitas Tibet Lhadon Tethong, sampai Richard Gere, artis penganut Buddha dan teman baik Dalai Lama. Walaupun cuaca dingin dan berangin kencang, para pengunjung tetap bersemangat mendukung aksi ini dan memberikan tepuk tangan riuh saat menyaksikan tarian daerah Tibet. Disela-sela pidato, banyak juga pengunjung yang menangis mendengarkan cerita pidato dari seorang pejuang Tibet. Malamnya semua pengunjung serentak menyalakan lilin untuk menandakan rasa bela sungkawa terhadap jutaan korban bangsa Tibet yang meninggal akibat kekerasan Pemerintah China sejak tahun 1950-an.Aksi protes tanpa kekerasan ini akhirnya memaksa pemerintah lokal San Francisco mengalihkan rute obor olimpiade. Termasuk membatalkan rute Embarcadero-AT&T Park Stadium.

Namun, banyak juga yang mendukung Pemerintah China dan obor olimpiade, khususnya warga China-Amerika, mereka beranggapan politik dan olahraga adalah dua hal yang berbeda. Sementara warga lokal San Francisco tak sedikit juga yang menyayangkan adanya protes ini termasuk para atlet lokal San Francisco. Menurut mereka, sebaiknya para aktivis menghormati dan menghargai para atlet lokal Amerika Serikat yang juga ikut serta dalam lari estafet obor olimpiade itu. Bagaimanapun juga masyarakat San Francisco harus bangga karena kotanya merupakan satu-satunya yang terpilih dari seluruh kota di Amerika Serikat. (Inna)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik  www.KabariNews.com/?31269

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / Misc. lainnya, Klik disini

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Mei 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket