KabariNews – Petinju legendaris asal Filipina, Manny Pacquiao (58-6-2, 38 KO) memutuskan untuk mengakhiri masa pensiunnya yang singkat dan kembali ke ring tinju. Tak lama berselang, pihak promotornya yang dipimpin oleh Bob Arum menegosiasikan pertarungan antara dirinya dengan pemegang gelar WBO kelas welter Jessie Vargas (27-1, 10 KO). Untuk mendeklarasikan ajang tersebut secara formal, seluruh pihak terkait menghadiri konferensi pers yang baru-baru ini digelar di sebuah hotel bintang lima di bilangan Beverly Hills. Selain Manny dan Jessie, konferensi pers juga dihadiri oleh Bob Arum, Steve Wynn (raja casino di Las Vegas), Dewey Cooper (pelatih Jessie Vargas), dan Freddie Roach (pelatih Manny Pacquiao).

Dalam pengantarnya, Bob Arum mengkonfirmasi pertarungan akan diselenggarakan pada tanggal 5 November di Thomas and Mack Center Las Vegas. Sang CEO Top Rank juga mengutarakan bahwa hak tayang pay-per-view kali ini akan diambil alih sepenuhnya oleh timnya dari pihak HBO.

Senator Manny Pacquiao Resmi Kembali Ke Ring Tinju -1Menanggapi berbagai pro dan kontra yang beredar di masyarakat, Manny yang kini juga merupakan seorang Senator di negeri kelahirannya memastikan bahwa jadwal pertarungannya tidak akan menggangu kegiatannya sebagai politikus. Petinju berusia 37 tahun ini juga mengaku telah mengantongi izin dari Presiden Senat Filipina, Senator Koko Pimentel, untuk kembali ke ring tinju. Meski usianya tidak lagi muda, petinju yang kerap dijuluki Mexicutioner ini menjanjikan sebuah pertarungan yang penuh aksi. Untuk memberi kesempatan yang lebih luas bagi para penggemarnya, ia tak segan meminta pihak promotor untuk menyediakan 7000 lembar tiket untuk kisaran harga US$ 50.

Meski banyak dipandang sebelah mata oleh pihak media, Jessie mengaku optimis mampu mengalahkan Manny. Seiring perjalanan waktu, ia juga telah membuktikan kepiawaiannya melalui berbagai gelar internasional yang telah diraihnya. Menurutnya, perilaku media yang demikian telah menempa dirinya baik secara fisik, maupun mental. Petinju yang yang 10 tahun lebih muda dari Manny Pacquiao ini juga mengaku sakit hati saat Manny berhasil mengalahkan sosok petinju idolanya, Erik Morales dan Marco Antonio  Barrera. Perasaan itulah, menurutnya, yang akan mengobarkan api semangatnya dalam melawan Manny nantinya.

Seperti yang banyak diketahui, Filipina belakangan banyak mendapat sorotan dunia internasional lantaran pernyataan kontroversial Presiden Rodrigo Duterte dalam menanggapi beberapa isu. Dalam kesempatan wawancara pasca konferensi pers, Senator Pacquiao mengaku ia mendukung penuh dan sangat menghormati sang kepala negara. Menurutnya, Presiden Duterte sangat serius dalam usahanya memberantas kemiskinan, korupsi, dan perdagangan obat-obatan terlarang. Petinju yang sebelumnya sempat mewakili Propinsi Sarangani di Kongres Filipina ini pun mengaku ia merupakan salah satu Senator Filipina yang mendukung hukuman mati bagi para terpidana obat-obatan terlarang.