KabariNews – Ramadhan telah tiba, sambutan suka cita dan bahagia bagi seluruh umat muslim yang wajib menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Umat Muslim meyakini Ramadhan sebagai bulan suci yang penuh rahmat dan berkah.

Sudah siap dengan menu buka puasa?

Membayangkan beragam sajian manis dan dingin pasti sangat menyegarkan. Menu pembuka puasa atau biasa disebut takjil menjadi sajian paling favorit di kala Ramadhan. Ada yang spesial membuatnya di rumah, ada pula yang sengaja membeli untuk persiapan buka puasa. Yuk intip apa saja takjil yang paling populer berikut ini :

Kolak, seakan menjadi menu wajib yang hadir di bulan puasa. Rasa manis kolak, cocok untuk ‘men-charge‘ energi yang setelah seharian berpuasa. Kolak disantap sebagai menu pembuka sebelum hidangan utama. Cara membuat hidangan ini sangatlah mudah. Bahan utamanya pisang, ubi jalar dan kolang kaling. Semua dipotong kecil dan dimasak. Bahan kuahnya adalah gula merah, gula putih, garam, vanili. Semua bahan dicampurkan dalam panci yang berisi air kemudian tambahkan santan. Rasa manis, legit dan gurih kolak disukai semua kalangan, tak heran kuliner khas Tanah Air ini enak dimakan dingin maupun hangat.

Manisan Kolang Kaling, cara membuatnya cukup mudah, bahannya yaitu kolang kaling, sirup, dan gula pasir.  Sajian manis ini cukup tahan lama jika disimpan dalam lemari es.  Manisan kolang kaling dapat disajikan sebagai minuman segar saat berbuka puasa, atau dimakan sebagai camilan.  Wajib diketahui,  kolang kaling juga memiliki khasiat bagi kesehatan, yakni untuk memperkuat tulang, kaya akan kalsium serta dapat mengobati radang sendi.

Es Blewah, seperti namanya minuman ini berbahan buah blewah. Buah ini sangat populer sebagai pelengkap buka puasa. Blewah memiliki sifat mendinginkan dan meredakan dahaga, itulah alasan kenapa blewah cukup diminati. Tidak hanya menyegarkan, ternyata blewah juga menyimpan khasiat bagi kesehatan diantaranya untuk menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah penyakit jantung.

Jika tak sempat untuk membuatnya, sepertinya tak sulit untuk mendapatkan aneka sajian tersebut. Sudah menjadi tradisi, Ramadhan tak hanya bulan penuh berkah, tapi juga jadi moment berinteraksi antara pedagang dan pembeli makanan. Karena itu dimana pun lapaknya berada, makanan khas buka puasa selalu ramai peminat. Berbagai kue, masakan, jajanan pasar,  gorengan sampai aneka es menjadi  sajian yang paling dicari menjelang buka puasa. Pilih dan santap sajian buka puasa Anda.