1. Eksploitasi sumber daya alam baik emas maupun tembaga yang dilakukan PT. Freeport di tanah Papua dinilai merugikan bangsa Indonesia. Pasalnya, dari komposisi saham yang dimiliki PT.Freeport Indonesia sebesar 90,64 persen dan pemerintah Indonesia hanya memegang 9,36 persen saham Freeport, maka royalti yang diberikan kepada bangsa Indonesia hanya sebesar satu persen. Melihat hal tersebut,ada banyak pihak yang keberatan atas rencana negoisasi kontrak karya yang akan dilakukan pemerintah Indonesia, salah satunya adalah Wakil Ketua Umum Gerakan Pemuda Sehat Ali Muksin. Ali mengatakan seharusnya, bangsa Indonesia yang harus mengambilalih dari perusahaan tambang Amerika Serikat itu dari Tanah Cendrawasih.
  2. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik berencana membuat film kolosal tentang tokoh idolanya semasa kecil, yakni Presiden I RI Soekarno. Ide tersebut sebenarnya sudah muncul sejak ia menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, namun baru akan terealisasi dalam waktu dekat ini, yang saat ini skenarionya sudah selesai dibuat. Jero berharap nantinya film kolosal tentang tokoh nasional tidak hanya ditonton masyarakat Indonesia saja tapi juga dunia. Dan untuk kesuksesan film tersebut Jero mempercayakannya kepada sutradara muda berbakat Hanung Bramantyo.
  3. Setelah China dan India, Indonesia ada di peringkat ketiga sebagai konsumen rokok dunia. pendapatan negara dari cukai rokok juga cukup tinggi.
  4. Sebelum menghadiri Konvensi Partai Demokrat yang menjadi tradisi pemilu Amerika Serikat, Presiden Barack Obama, Sabtu (1/9), memulai jadwal padat perjalanan kampanyenya ke sejumlah negara bagian utama dalam perebutan suara pemilihan umum. Ini dianggap sebagai pemanasan sebelum Konvensi Nasional Partai Demokrat di Charlotte, Carolina Utara. Obama memulai perjalanan Road to Charlotte itu dengan bertemu dengan 10.000 orang di Iowa, mengkampanyekan keberhasilannya memotong pajak, meningkatkan jaminan kesehatan, menjamin pendidikan dan memulangkan tentara Amerika Serikat dari perang belasan tahun. Obama membantah pendapat, yang menyalahkan dirinya dengan sebutan It’s Obama’s Fault, yang sering digunakan pesaingnya, calon presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, dan pendukungnya selama konvensi partai mereka di Tampa, Florida, pada pekan lalu.
  5. Tidak ingin kecolongan pada putaran kedua, Panwaslu DKI Jakarta akan melakukan pengawasan penghitungan suara dengan sistem online. Sistem yang diberi nama penghitungan Tabulasi Suara Panwaslu Elektronik (e-TSP) tersebut diluncurkan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, kemarin. Ketua Panwaslu DKI Jakarta Ramdansyah mengatakan, melalui program e-TSP ini, pihaknya ingin mendapatkan data autentik dari masyarakat. Dengan cara memotret formulir C2 dan kemudian langsung mengirimkan ke situs resmi Fed Jakarta, Panwaslu akan mendapatkan bukti konkret dari masyarakat yang dapat digunakan dalam penghitungan suara.
  6. Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda meletus (2/9) sekitar pukul 11:30. Lava Pijar dengan ketinggan 200 hingga 300 keluar dari perut gunung yang pernah menghebohkan dunia 1883 ini. Gempa tremor yang disebabkan letusan hingga Senin (3/9) masih dirasakan sepanjang pesisir Pantai Anyer, Kab. Serang hingga Pantai Labuan, Kab. Pandeglang.
  7. Aksi terorisme masih menebar ancaman di Indonesia. kini teroris menyasar remaja sebagai target perekrutan. Terbukti dari tiga terduga teroris yang berhasil dilumpuhkan tim Databesmen Khusus (Desus) 88 Antiteror Mabes Polri dalam penyergapan di Kota Solo dan Kabupaten  Karanganyar, Jumat (31/8) malam. Semua masih berusia remaja, mereka adalah Muksin (19), Farhan (19) dan Bayu Setiawan (22). Muksin dan Farhan tewas dalam penyergapan Densus di Jalan Veteran Solo, sedangkan Bayu ditangkap aparat dalam penyergapan di malam yang sama.
  8. Kota Mojokerto, Jawa Timur tengah bersiaga terkait dengan mulai bermunculannya aksi terorisme seperti yang terjadi di Solo, Jawa Tengah. Untuk mencegah masuknya terorisme ke wilayah Kota Mojokerto, Polres Mojokerto Kota menggelar razia di perbatasan kota. Sasaran dalam razia tersebut adalah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, yang berplat luar kota atau kendaraan yang dicurigai. Sejumlah pengendara kendaraan roda dua yang membawa tas besar serta bungkusan, turut diperiksa.
  9. Sekitar 100 pengunjuk rasa dari Hizbut Tahrir berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Bandung, Senin (3/8). Isu yang mereka bawa hanya satu yaitu menolak kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton sore ini di Jakarta. Aksi damai ini dikawal oleh petugas kepolisan. Massa berdiri di sepanjang jalan dan membentangkan spanduk berisi penolakan kedatangan Hillary. Alasan mereka berunjuk rasa karena menilai kedatangan Hillary harus ditolak karena agenda yang ada dibelakangnya, yaitu menilai kunjungan tersebut hanya bermaksud memperkuat pengaruh Amerika Serikat ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia.
  10. Keluarga terduga teroris akan melaporkan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror ke Provost Mabes Polri. Mereka memprotes tindakan Densus 88 yang menggerebek sebuah rumah di Karanganyar, Jawa Tengah, dan memukuli Wiji Siswo. Wiji merupakan mertua terduga teroris Bayu. Pria berusia 65 tahun itu menderita luka serius akibat ulah pemukulan aparat. Melalui pengacara Endro Sudarsono, pihak keluarga mempermasalahkan kejadian tersebut. Mereka juga mempermasalahkan operasi penangkapan dengan mendobrak pintu rumah. Sayangnya, aksi Densus 88 tak disertai surat penangkapan. Pihak keluarga juga mempertanyakan keberadaan Bayu yang tak jelas hingga kini. Keluarga ingin memastikan Bayu dalam kondisi selamat menjalani proses hukum. Bayu menjadi terduga teroris yang beraksi di Solo pada 31 Agustus 2012.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48609

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :