1. Aparat Densus 88 Mabes Polri dan Polda Maluku, Minggu (9/9) petang, berhasil menggerebek sebuah rumah yang ditempati terduga teroris di kawasan Gunung Melintang, Kebun Cengkeh Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Puluhan aparat Densus 88 menangkap sejumlah orang, termasuk pemilik rumah. Dalam penangkapan itu Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 pucuk senjata api organic, ratusan amunisi, satu buah granat dan sejumlah bahan peledak lainnya. Penangkapan sejumlah terduga teroris ini diduga ada kaitannya dengan jaringan teroris Solo. Belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian terkait penangkapan empat orangĀ  terduga teroris. Demi keamanan ratusan aparat gabungan dari TNI dan personel Brimob Polda Maluku menggelar razia menyusul penangkapan empat terduga teroris di Maluku. Ratusan aparat berbekal senjata lengkap itu menggelar razia di kawasan pertigaan Lampu Lima, Aster, tidak jauh dari Markas Brimob Polda Maluku. Ratusan aparat ini silih berganti memberhentikan setiap kendaraan, baik mobil maupun motor yang melintas di kawasan tersebut.
  2. Terduga teroris bernama Muhammad Thoriq menyerahkan diri ke polisi, Minggu (9/9). Penyerahan itu sekaligus menjawab spekulasi terhadap penyidikan terhadap penelusuran penemuan bahan peledak di kawasan Tambora, Jakarta Barat, serta ledakan di Panti Asuhan, Beji, Depok. Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Rikwanto mengatakan Thoriq menyerahkan diri ke Pospol Jembatan Lima, sekitar pukul 17.30 WIB. Menurut dia, penyerahan diri itu sekaligus memastikan korban luka ledakan di Panti Asuhan Beji, bukan Thoriq. Namun Kapolda belum bisa memastikan apakah Thoriq terkait dalam peledakan di kawasan Depok. Saat ini kasus masih dalam penyelidikan.
  3. Tim Gegana Polda Metro Jaya menggeledah rumah kontrakan yang dihuni Yusuf Rizaldy di jalan Petojo Binatu Lima, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (9/9). Penggeledahan itu dilakukan untuk mencari barang bukti terkait keterlibatan Yusuf, pria yang mengontrak rumah Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara yang menjadi lokasi ledakan bom Beji, Depok, Jawa Barat. Dari penggeledahan selama empat jam, petugas menyita lima kardus barang bukti terkait ledakan bom Depok. Polisi sendiri sejauh ini belum memberikan keterangan resmi terkait barang bukti. Yusuf diduga terlibat dalam ledakan bom rakitan di Panti asuhan, Beji. Sabtu (8/9) yang menyebabkan empat orang terluka.
  4. Pemerintah menegaskan tidak ada peningkatan status keamanan di Jakarta dan sekitarnya terkait adanya ledakan bom rakitan di Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara, Beji, Depok. KepolisianĀ  dan Badan Intelijen Negara hingga kini masih mempelajari apakah ledakan bom di Depok terkait dengan rentetan aksi teror di Solo dan Tambora.
  5. Masyarakat Kabupaten Bogor dan Sukabumi dikejutkan oleh gempa bumi ( 9/9) berkekuatan 4,8 SR pukul 01:27 WIB. Akibat gempa tersebut ratusan rumah rusak. Tercatat 450 rumah rusak dan tiga orang luka dan dibawa ke Puskesmas terdekat.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak negara-negara yang tergabung dalam Forum Kerja Sama Ekonomi Negara- Negara Kawasan Asia Pasifik (APEC) untuk terus mengembangkan dan memperkuat visi serta kerja sama sehingga tidak diombang-ambingkan krisis ekonomi global sekaligus mencegah masuk ke krisis ekonomi. Ajakan itu disampaikan saat Presiden SBY menyampaikan pandangannya sebagai salah satu pembicara kunci di APEC CEO Summit 2012 yang merupakan rangkaian kegiatan KTT APEC di Russky Island,Vladivostok, Rusia.
  7. Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan segera mengeluarkan peraturan yang melarang mobil mewah di DKI Jakarta menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Direktur BBM BPH Migas Djoko Iswanto mengatakan, aturan tersebut akan berlaku secara bertahap di mana daerah yang pertama kali diberlakukan adalah DKI Jakarta. Pasalnya kuota BBM bersubsidi di Ibu Kota semakin tipis dan setiap bulan konsumsinya selalu melebihi kuota. Paling cepat pemberlakuan peraturan akan dijalankan September ini.
  8. Ratusan jemaat GKI Yasmin, Bogor dan HKBP Filadelfia, Bekasi kembali menggelar ibadah kebaktian di depan Istana Merdeka, Minggu (9/9). Para jemaat memperingati sewindu kematian Munir Said Thalib dan mendoakan pahlawan pejuang hak asasi manusia. Jemaat juga menggalang solidaritas bagi para korban kerusuhan di Sampang, Madura.
  9. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merayakan hari ulang tahun ke 63 disela-sela kegiatan kenegaraan KTT APEC di Rusia. Meski jauh dari Tanah Air, tumpeng beserta lauk lengkapnya pun tersedia untuk wujud syukur bertambahnya usia SBY. Dalam syukuran ulang tahun SBY dihadiri beberapa rekan-rekan kerja seperti para menteri yang ikut dalam kegiatan KTT APEC. Selain itu turut hadir pula Dubes Rusia dan beberapa pimpinan redaksi media.
  10. Usulan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) soal perlunya sertifikasi para kiai, menuai pro-kontra. Ide itu dikiritik karena baru diusulkan saat aksi terorisme marak belakangan ini. Mantan anggota Jemaah Islamiyah, Nasir Abbas, mengatakan sertifikasi terhadap pemuka agama positif, namun sebelumnya perlu dibuat regulasi untuk mengaturnya. Ia juga menambahkan, seharusnya yang diberi sertifikasi bukan hanya ulama dari kalangan Islam saja, tapi juga para pemuka agama lain di Indonesia. Usulan perlunya sertifikasi oleh Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris dianggap menjadi langkah antisipasi gerakan radikal, hal ini pun sudah dijalankan di beberapa negara, seperti Singapura dan Arab Saudi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48721

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :