1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah akan proaktif memberantas penyebaran paham Islamic State in Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia. Belum lama ini, kepolisian telah berhasil menggagalkan gerakan yang diduga ISIS di Poso, Sulteng. Presiden SBY menambahkan, kita harus cegah isi masuk dan berkembang di Indonesia. “Kita jangan terlena, seolah-olah yang berbahaya di Timur Tengah. Kalau kita waspada, Indonesia juga akan dimasuki ISIS” katanya saat membuka rapat mendadak kabinet terbatas di Kantor Presiden (14/9).
  2. Puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Koalisi Kawal RUU Pilkada, menolak dengan tegas wacana pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Sistem tersebut dinilai hanya akan membuat hak rakyat teramputasi. “Rakyat harus pilih pemimpinnya sendiri, tak perlu diwakili” kata perwakilan Jaringan Pendidikan pemilih untuk rakyat. RUU Pilkada yang akan disahkan pada 26 September 2014 dianggap bisa mengancam demokrasi di Indonesia.
  3. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan pemerintah tidak akan meminta DPR menghentikan pembahasan RUU pemilihan kepala daerah. Pasalnya, Pilkada sudah dibahas selama dua tahun belakangan dan sudah menghabiskan 10 kali sidang. “Tidak etis kalau kami yang meminta dibatalkan. Tidak baik, apalagi ini sudah dibahas sedemikian rupa” papar Gamawan. RUU Pilkada, sudah diajukan sejak Desember 2011 dan mulai dibahas sejak Januari 2012, oleh sebab itu Gamawan menyatakan posisi pemerintah saat ini masih menunggu proses pembahasan DPR.
  4. Kini Bandung punya taman tematik, yaitu Taman Film. Taman ini berada di bawah kolong jembatan Pasupati yang sebelumnya dikenal sebagai kawasan kumuh. Wali Kota Bandung Ridwal kamil bersama Komunitas Film Bandung menyulap kolong jembatan Pasupati menjadi taman untuk menonton film gratis bagi warga Bandung dan para wisatawan. Hanya dengan bukti memunguti sampah, kita bisa menonton gratis sepuasnya di Taman Film. Hadirnya Taman Film ini menambah jumlah taman tematik yang dibuat oleh Ridwan Kamil. Sebelumnya taman yang sudah dibuat Taman Jomblo, Taman Fotografi, Taman Musik, dan Taman Panda. Rencananya, Ridwan akan membuat ratusan taman tematik lainnya di Bandung.
  5. Kementerian Agama akan melakukan pendekatan soft power untuk memerangi ISIS di Indonesia, dengan mengedukasi dan penyadaran kepada warga masyarakat betapa berbahayanya ISIS. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, ormas agama, tokoh masyarakat, dan masjid menjadi penting untuk membantu memberikan penyadaran kepada masyarakat. “Paham keagamaan yang dibawa gerakan ISIS sangat bertentangan dengan paham agama mayoritas di Indonesia. Mengusik dan mengganggu sendi-sendi kehidupan berbangsa dan  bernegara” kata Lukman. Karena itu, ia menambahkan, masjid-masjid harus lebih selektif, jangan mudah berikan kesempatan pada orang-orang asing yang tidak diketahui.
  6. Wabah ebola yang semakin memburuk membuat organisasi kesehatan dunia, WHO meminta bantuan. WHO menyebutkan mereka membutuhkan ribuan tenaga medis untuk memerangi virus mematikan tersebut. Hingga Jumat (129) ebola di Afrika Barat telah menginfeksi 4784 orang dan membunuh lebih dari 2400 orang. “Jumlah akan terus bertambah banyak dalam beberapa minggu ke depan, karena itu kami membutuhkan respons yang lebih cepat dan efektif dari dunia internasional” kaya Margaret Chan, WHO Chief.
  7. Pemerintah DKI Jakarta menggelar acara ‘Lebaran Betawi 2014’ di Monumen Nasional Jakarta. Acaa ini bertujuan untuk menjaga kelestarian budaya asli Betawi itu menyuguhkan pertunjukan seni budaya dan makanan khas Betawi yang berlangsung pada 13-14 September 2014. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan dihadiri oleh pejabat daerah. Masyarakat yang hadir pun antusias dengan acara perayaan tahunan ini.
  8. Setelah kalah di Pemilu 2014, kubu Prabowo Subianto menggugat KPU ke Mahkamah Agung (MA). Sebelumnya Prabowo telah melakukan upaya melalui Mahkamah Konstitusi (MK) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Pada 21 Agustus 2014, MK menolak seluruh gugatan PHPU karena tidak terbukti adanya kecurangan Pilpres 2014 yang masif, sistematis dan terstruktur.  Upaya gugatan ke PTUN Jakarta juga  gagal pada 28 Agustus lalu. Kini Prabowo memilih jalur MA, gugatan terdaftar dengan nomor perkara 53 P/HUM/2014. Prabowo mengajukan judicial review atas Peraturan KPU.
  9. Koalisi Merah Putih pimpinan Prabowo Subianto teras mendesak ingin mengubah undang-undang (UU) Pilkada. Mereka menganggap akan terjadi pemborosan bila Pilkada tetap dilakukan secara langsung. Dan ternyata tidak hanya soal UU Pilkada, mereka juga akan mengancam UU lainnya. Koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN dan Partai Demokrat ini makin yakin atas pilihannya. Apalagi bila dilihat dari jumlah koalisinya, mereka mampu mewujudkan hal tersebut melalui voting di DPR nanti.
  10. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang berlokasi di Sepinggan, Balikpapan. Bandara besar ini mengusung konsep modern eco-airport, dan akan mampu menampung 15 juta penumpang per tahun. Dengan luas terminal 110.000 m2, area komersial seluas 33.000 m2, serta apron seluas 140.900 m2, menjadikan bandara ini sebagai gerbang udara terbesar dan termegah di kawasan timur Indonesia. Bandara ini juga dilengkapi dengan boutique mall, pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal termasuk area konter check in. selain meresmikan bandara SBY juga meresmikan beberapa proyek Masterplan percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomo Indonesia (MP3EI) di wilayah Kalimantan Timur.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?69804

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :