KabariNews – Saat ini Donald Trump memimpin Amerika Serikat. Meski begitu, ada kebijakan saat Barrack Obama memimpin yang belum diubah. Yakni tentang kebijakan perlindungan dan memberi hak untuk bekerja kepada anak-anak imigran yang telah berada di Amerika Serikat. “Waktu itu dikeluarkan Executive Order di zaman Obama, namanya DACA (Deferred Action for Childhood Arrivals ). Jadi anak-anak umur sekian yang tidak melewati umur sekian sudah berada di Amerika, itu diberikan ijin tinggal dan diberikan kerja di sini,” jelas Jason Lie, Pengacara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat.

Lanjut Jason, untuk sementara ini, Donald Trump tidak akan menyentuh kebijakan tentang DACA. “Untuk sekarang, tapi tidak ada jaminan tidak akan diubah oleh Trump. Jadi bagi saudara-saudara kita yang ingin apply untuk DACA dan ingin memperpanjang DACA, silakan karena imigrasi tetap proses permohonan itu,” kata Jason.

Kebijakan DACA hanya dikhususkan bagi anak-anak tapi tidak berlaku bagi orangtua dari anak-anak tersebut. “Orangtua dari anak-anak DACA dari zaman Obama pun itu sudah tidak berlaku karena sudah di-stop oleh pengadilan. Jadi untuk orangtua anak-anak tersebut, tidak ada bantuan sama sekali untuk sementara ini,” terang Jason. (1009)