KabariNews – Pimpinan tertinggi New York Times akan dipegang oleh Mark Thompson. Dia sebelumnya memimpin BBC sejak 2004.

New York Times mengumumkan bahwa direktur BBC Mark Thompson akan mengambil alih sebagai kepala eksekutif pada November mendatang. NYT, yang mengelola bisnis surat kabar dan situs berita nasional serta regional, mengatakan pengalaman Thompson di media digital dalam skala global menjadikannya calon ideal. Thompson, 55, mengatakan bahwa ia sangat bersemangat dengan peran barunya.

Ia menjadi direktur di BBC pada 2004 dan bertanggungjawab atas produksi televisi, radio dan online. Ia mengawali karir sebagai pegawai magang di bagian produksi pada 1979 sebelum menjadi kepala eksekutif pada televisi Channel 4 pada 2002.

Awal Juli, BBC mengumumkan bahwa George Entwistle akan menggantikan Thompson per 17 September. “Mark adalah eksekutif berbakat dengan latar belakang kuat dan kepemimpinannya di BBC membantu mengembangkan BBC menjadi merk terpercaya dalam produk dijital baru,” kata presiden komisaris NYT Arthur Sulzbergerin dalam pernyataan tertulisnya.

Sedangkan Thompson mengatakan ia merasa beruntung mendapatkan tanggung jawab barunya. “Saya sangat bersemangat dengan peran baru di New York Times Company karena perusahaan itu mengembangkan pengaruh mereka secara digital dan global,” kata dia.

NYT adalah pemilik harian International Herald Tribune serta Boston Globe dengan catatan keuntungan $2,3 miliar (Rp 21 triliun) pada 2011. Mark Thompson menggantikan Janet Robinson yang mundur pada Desember 2011. (1002)