Nama Deden Putra sudah tidak asing lagi di telinga para pakar pastry Amerika Serikat. Dalam perjalanan karirnya di New York, Deden diberi kepercayaan sebagai Executive Pastry Chef selama 2 tahun di Hotel Jumeirah Essex House dan 5 tahun di Hotel Peninsula. Selama 7 tahun tinggal di kota yang dijuluki The Big Apple itu, ia juga berhasil meraih penghargaan di beberapa kompetisi pastry bergengsi dan tampil menghiasi layar kaca melalui beberapa program televisi. Belum lama ini, pria kelahiran Bandung tersebut membulatkan tekad untuk hijrah ke Los Angeles dan bergabung dengan Hotel Waldorf Astoria Beverly Hills. Menurutnya, kepindahannya kali ini semata-mata karena termotivasi oleh karakter dirinya yang tidak mudah puas dan kecintaannya akan tantangan baru. Kepada Kabari News, Deden mengaku tertantang menjadi kepala dapur pastry di hotel mewah terbaru di Los Angeles itu.

Menjadi bagian dari tim inti pra-pembukaan sebuah hotel bintang lima sudah barang tentu melelahkan sekaligus menegangkan. Berbeda dengan pengalaman profesionalnya yang terdahulu, Deden harus membentuk timnya sendiri dari nol. Selepas penunjukan resminya sebagai Executive Pastry Chef, ia langsung disibukkan dengan proses perekrutan dan pelatihan anggota timnya. Berkaca dari kesehariannya tersebut, alumni STP Bandung ini menilai 75% rutinitasnya di Waldorf Astoria dihabiskan di bidang operasi sedangkan sisanya dipakai untuk menangani urusan administrasi. Hal ini sedikit berbeda dengan kesehariannya di New York di mana ia menghabiskan 95% waktunya untuk urusan operasi dapur pastry. Sebagai orang nomor satu di dapur pastry hotel bintang lima tersebut, ia bertanggung jawab atas semua hidangan pencuci mulut dan kue-kue yang disajikan di seluruh outlet dalam kompleks Hotel Waldorf Astoria Beverly Hills, termasuk pesanan khusus dari tamu-tamu istimewa.

Di Balik Lezatnya Dessert Golden Globe 2018

Bersinggungan dan bertatap muka dengan bintang-bintang Hollywood, para politisi, dan tokoh-tokoh dunia terkemuka sudah menjadi menu sehari-hari di manapun seorang Deden Putra berkarya. Pada awal tahun 2018, Deden dan timnya didaulat untuk mempersiapkan hidangan pencuci mulut dan kue-kue untuk sebuah pesta Golden Globe Award. Meski harus mengikuti ketatnya sistem protokol yang ada, ia mengaku keterlibatan perdananya tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan ia pun tak sabar untuk mengulangi pengalaman spesialnya itu pada tahun 2019 nanti. Dalam beberapa bulan ke depan, Deden dan timnya akan menyiapkan sebuah tampilan dessert yang akan memukau setiap pengunjung yang memasuki lobi Hotel Waldorf Astoria Beverly Hills pada penghujung tahun ini. Projek ini merupakan kelanjutan tradisi dapur pastry Deden yang pernah menghebohkan warga kota New York beberapa tahun lalu saat ia berhasil membangun sebuah miniatur Menara Eiffel setinggi 1.8 meter dari ribuan keping macaron.