Di tengah-tengah maraknya berbagai kejahatan di jalanan, membutuhkan kiat tertentu agar kita bisa terus beraktivitas di luar rumah dengan aman. Tanpa persiapan dan kewaspadaan, kita akan menjadi target kejahatan jalanan. Apalagi jika kita memberikan kesempatan pada para penjahat jalanan agar bisa melakukan aksinya dengan mudah.

Sebelum beraktivitas ke kawasan yang agak rawan atau pada malam hari, ada baiknya ‘mempersenjatai’ diri dengan baik. Tentu saja tidak perlu membawa senjata yang dilarang. Sekarang sudah banyak alat bantu yang berfungsi sebagai senjata untuk melindungi dari berbagai kejahatan. Misalnya saja senjata kejut listrik dengan bermacam bentuk, gas air mata atau semprotan merica. Minimal senjata tersebut bisa menjadi pertolongan pertama dan mengulur waktu menunggu datangnya bantuan.

Setelah ‘bersenjata’ bukan berarti dijamin kita aman, namun tetap diperlukan kewaspadaan dan kepekaan terhadap sekitar. Tetap waspada dan tidak lengah memang tidak mudah, apalagi dalam kondisi tubuh yang lelah dan mengantuk. Namun, jika memang kantuk tak tertahan saat di kendaraan umum, minimal amankan dulu barang berharga. Setelah itu baru bisa tidur dengan lebih aman. Berbeda jika membawa kendaraan sendiri, sebaiknya menepi sejenak untuk beristirahat.

Satu hal lagi yang terkadang luput dari perhatian kita adalah penampilan dan barang bawaan kita. Menggunakan perhiasan mahal secara berlebihan menarik perhatian para penjambret. Mengeluarkan telepon genggam, laptop dan sejenisnya yang harganya mahal pun sebaiknya melihat tempat terlebih dulu. Di tempat yang aman dengan banyak penjaga, tentu tak masalah. Namun, di tempat umum seperti kendaraan umum atau tempat ramai terbuka tanpa ada penjaga sebaiknya dihindari.

Berikut ini adalah tambahan kiat-kiat yang perlu kita lakukan:

  • Usahakan tidak membuka dompet di tempat umum sehingga isinya yang berupa barang berharga bisa terlihat.
  • Letakkan barang-barang berharga di tempat yang aman misalnya di dalam tas dengan ritsleting yang bertutup dan simpan di tempat yang mudah terlihat.
  • Hindari menyimpan uang atau dompet di saku baju baik di depan, samping atau belakang.
  • Hindari menyimpan telepon genggam di saku baju karena banyak kejahatan dengan modus mengalihkan perhatian dan mereka mengambil telepon genggam itu dengan mudah.
  • Hindari meletakkan laptop atau barang berharga di tempat yang mudah terlihat di kendaraan yang diparkir walau sebentar. Banyak kehilangan terjadi saat waktu  memarkir kendaaran yang singkat.
  • Selalu waspada dan usahakan untuk tidak panik dan bersikap tenang.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56126

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :