Kaki Cantik

Musim mulai berganti dari panas ke dingin. Bukan berarti kulit tak memerlukan perawatan ekstra seperti saat musim panas. Justru saat musim dingin, banyak hal yang menyebabkan kulit kita makin kering. Cuaca yang lembab, pemanas ruangan, serta kebiasaan mandi dengan air hangat menyebabkan kulit menjadi kasar, kering dan mengelupas.

Rajin memakai pelembab di badan terutama setelah mandi serta memakai sabun mandi yang memiliki kandungan pelembab mampu mengatasi kulit kering. Tapi jangan lupakan bagian kaki. Tanpa disadari bagian kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang cepat kering apalagi jika kita biarkan tanpa dirawat. Perawatannya tak perlu mahal. Lakukan saja perawatan di rumah. Dengan bahan yang murah dan mudah didapat.

Lemon
Rendam kaki dalam jus lemon selama sepuluh sampai limabelas menit. Kemudian gosok kaki dengan spons atau sikat loofah. Pastikan tidak ada luka di kaki agar tidak nyeri terkena asam lemon. Asam yang ada di lemon membantu melembutkan dan melarutkan kulit kering dan kulit mati.

Olive Oil
Campur satu sendok olive oil dan beberapa tetes minyak lemon atau minyak lavender. Kemudian aduk. Dapat juga ditambahkan sedikit susu bubuk agar mengental. Setelah itu oleskan pada kaki terutama tumit kaki yang pecah-pecah. Biarkan beberapa saat sebelum cuci bersih dengan air hangat.

Vegetable Oil
Oleskan minyak ini setelah mandi, terutama di daerah yang tampak kasar dan tumit yang pecah-pecah. Setelah agak mengering tutup dengan kaos kaki. Diamkan sekitar limabelas menit kemudian bilas dengan air hangat dan oleskan pelembab. Lakukan dengan rajin untuk hasil yang memuaskan.

Vaseline
Sebelum tidur dan setelah kaki dibersihkan, oleskan campuran satu sendok teh Vaseline (petroleum jelly) dengan perasaan satu lemon. Kemudian pakailah kaos kaki agar kelembabannya terjaga dan tidak membekas di tempat tidur.

Madu
Buatlah scrub dari bahan campuran madu, apple cider vinegar dan tepung beras. Caranya ambil beberapa sendok teh madu dan beberapa sendok teh apple cider vinegar kemudian campurkan dengan segenggam tepung beras. Campur sehingga mengental. Bersihkan kaki kita dengan air hangat kemudian oleskan scrub itu sambil memijat kaki. Diamkan beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Sabun Mandi Cair
Sebelum tidur, tuangkan air hangat ke dalam ember dan tuangkan beberapa tetes sabun cair. Untuk merendam kaki kita. Biarkan beberapa menit kemudian gosok dengan batu apung dan bersihkan dengan air hangat bersih. Setelah itu keringkan, oleskan pelembab, dan pakailah kaos kaki. Kaki akan terasa rileks, bersih dan halus. Membuat tidur kita pun nyenyak.

Pepaya
Campurkan sedikit pepaya yang telah dikupas dan dibuang bijinya dengan perasan lemon, haluskan atau blender, lalu tempelkan campuran itu pada tumit yang pecah-pecah. Tunggu sepuluh sampai limabelas menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan pecah-pecah di tumit.

Pisang
Siapkan satu sampai dua buah pisang yang telah masak, kemudian haluskan. Tempelkan pada kaki yang sudah dicuci bersih terutama pada bagian yang kasar dan pecah-pecah. Diamkan sekitar limabelas menit, lalu cucilah dengan air hangat, keringkan. Setelah itu oleskan pelembab.(1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59189

Untuk melihat artikel Life Style lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

JDF